BERITA BKPSDM Selasa, 25-09-2018 | 1730 Pengunjung

PELATIHAN MANAJEMEN KONTRAK DAN MITIGASI RISIKO


Pengadaan barang / jasa merupakan kegiatan yang terkait erat dengan penggunaan anggaran negara dan oleh karenanya pelaksanaanya harus efektif dan efisien serta ekonomis sehingga dapat memberikan manfaat penggunaan anggaran negara tersebut secara maksimal. hal ini disebabkan karena kegiatan pengadaan barang dan jasa sebagian besar dibiayai oleh keuangan negara, baik melalui APBN/APBD maupun non- APBN/APBD. 80% anggaran belanja Pemerintah Kota Tangerang adalah merupakan anggaran kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan barang / jasa pemerintah. kondisi demikian memunculkan konsekuensi berupa tuntutan efektifitas dalam pengadaan barang/jasa termasuk dalam hal teknis pelaksanaan pengadaan barang jasa tersebut yang harus dapat dipertangungjawabkan, mengingat adanya potensi kerugian negara sangat besar dalam proses pengadaan. sementara di sisi lain masyarakat menuntut pelayanan publik yang bermutu dan cepat.

 

Reformasi manajemen sangat diperlukan untuk membentuk efektifitas Pengadaan barang jasa di lingkungan pemerintah kota tangerang. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah kota tangerang untuk membangun kapasitas public service agar aparatur negara Kota Tangerang mampu menyediakan pelayanan publik dengan kualitas yang lebih tinggi dan lebih baik dalam hal pengadaan barang dan jasa pemerintah.

 

Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 menegaskan bahwa setiap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) wajib memiliki sertifikat atau Sertifikasi keahlian pengadaan barang / jasa. Menindaklanjuti peraturan presiden tersebut, pemerintah kota tangerang berupaya membuat  Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang dapat memiliki sertifikat keahlian pengadaan barang / jasa tersebut.

 

Upaya pemerintah Kota Tangerang untuk memberi pelayanan yang maksimal dalam pengadaan barang jasa tidak hanya terbatas membuat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saja yang wajib memiliki keahlian dan keterampilan dalam pengadaan barang jasa, tetapi juga berlanjut pada pejabat eselon III dan IV.

 

Sebagai implementasi dari upaya tersebut, Pemerintah Kota Tangerang melalui BKPSDM Bidang Diklat secara rutin menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan pengadaan barang/jasa bagi aparatur sipil yang bertugas menangani kegiatan pengadaan barang/jasa pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang tujuan utamanya adalah membentuk tenaga – tenaga yang profesional dan berdedikasi tinggi dalam proses kegiatan pengadaan barang/jasa sehingga dapat menghasilkan pengadaan barang/jasa yang sesuai kebutuhan dengan proses yang efektif dan efisien.

Dengan diadakannya Pelatihan Manajemen Kontrak dan Mitigasi Risiko diharapkan  kedepannya para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dapat lebih profesional karena tugas dan tanggung jawabnya sangat penting dan berisiko untuk mengambil keputusan atau melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran belanja negara/daerah.



 

Arsip Berita BKPSDM