BERITA BKPSDM Selasa, 25-09-2018 | 2283 Pengunjung

DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA TANGERANG


Pendidikan yang efektif dan berkualitas  dimulai dari lembaga  pelaksanaan pendidikan yang kondusif, dan lembaga pendidikan yang kondusif dihasilkan dari pengelolaan manajemen pendidikan yang berkualitas. sebagai sebuah lembaga pendidikan peran kepala sekolah sebagai pemimpin sangat menentukan kualitas sekolah yang dipimpinnya. Dengan demikian, untuk menjamin kualitas pendidikan, diperlukan pemimpin sekolah yang berkualitas, yang mampu membawa sekolah yang dipimpinnya kepada kemajuan dan pencapaian tujuan pendidikan. Pemerintah Kota Tangerang, sangat membutuhkan pendidikan yang berkualitas  dari sekolah-sekolah yang ada di lingkungan pemerintah kota tangerang. selain menghasilkan lulusan yang memiliki nilai yang memenuhi kriteria kelulusan nasional. Pemerintah Kota Tangerang juga berharap sekolah-sekolah di Tangerang mampu mencetak peserta didiknya menjadi generasi muda bangsa yang memiliki rasa nasionalisme, berakhlak mulia, dan kreatif.

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. untuk itu kepala sekolah harus mengetahui tugas-tugas yang harus dilaksanakan. wawasan dan keterampilan yang sangat baik dari seorang pimpinan sekolah berkaitan dengan tugas dan kewajibannya. upaya pembentukan kepala sekolah yang berkualitas sudah dilakukan oleh Pemerintah Negara Indonesia melalui pembentukan lembaga penjamin mutu kepala sekolah yakni Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah yang ada di Kota Surakarta (LP2KS). Melalui lembaga ini, dilakukan seleksi pencalonan kepala sekolah, agar Calon Kepala Sekolah yang memiliki wawasan dan keterampilan yang memenuhi  standar kompetensi  kepala sekolah sehingga ketika nantinya kelak menjabat sebagai Kepala Sekolah, sudah memiliki bekal yang baik untuk memimpin sekolah. Pemerintah Negara Indonesia yang mengharapkan terbentuknya calon-calon kepala sekolah yang berkualitas  telah menetapkan syarat dan prosedur penyiapan calon kepala sekolah yang terstandar secara nasional melalui Peraturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut ditegaskan bahwa guru yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan seleksi substansial wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.

Pemerintah Kota Tangerang telah melaksanakan tahapan seleksi Calon Kepala Sekolah, sehingga diperoleh data guru yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan seleksi subtansial oleh lembaga pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah. pada saat ini tahapan seleksi telah sampai pada kegiatan pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah.

Diharapkan dengan diadakannya Diklat Calon Kepala Sekolah ini dapat membentuk pribadi Calon Kepala Sekolah yang telah mampu menguasai 5 syarat  Kompetensi yang wajib dimiliki oleh calon Kepala Sekolah (Kompetensi Manajerial, Kompetensi Supervisi, Kompetensi Kewirausahaan, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian)

Arsip Berita BKPSDM