BERITA BKPSDM :: Selasa, 02-10-2018 351 Pengunjung

DIKLAT KEWIRAUSAHAAN

Setiap Aparatur Sipil Negara memiliki masa tugas yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. Dalam masa baktinya, Aparatur Sipil Negara dituntut untuk loyal kepada pemerintah dan memiliki kinerja yang berkualitas dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, sehingga pengabdiannya dapat memberikan kontribusi positif kepada pemerintah dalam upayanya menciptakan kesejahteraan rakyat. Pengabdian kepada pemerintah dan kinerja yang baik selama bertahun-tahun selama menjadi Aparatur Sipil Negara, tidak  seharusnya berhenti ketika memasuki masa purna bakti.

Pada masa purna bakti, Aparatur  Sipil Negara tetap bisa mengabdi kepada kepentingan rakyat, melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan di lingkungannya masing-masing. diharapkan ketika memasuki masa pensiun, Aparatur Sipil Negara  tidak lagi menjadi takut dengan berbagai perubahan kondisi yang akan terjadi.

Perubahan kegiatan dan pendapatan akan terjadi pada saat seorang ASN memasuki masa purna bakti. untuk itu diperlukan persiapan yang matang secara mental dan keterampilan bagi seorang asn yang akan memasuki masa purna bakti. persiapan tersebut, dimaksudkan agar ASN tidak sampai mengalami kondisi post power syndrome  berkaitan dengan berkurangnya pendapatan dan kegiatan yang sebelumnya secara rutin diterima dan dilaksanakan.

Untuk menjaga seorang ASN yang memasuki masa purna bakti tidak kehilangan pendapatan dan kegiatan, memiliki usaha mandiri adalah solusinya. untuk itu diperlukan wawasan dan keterampilan asn untuk menjalankan usaha mandiri. dengan memiliki atau menjalankan usaha mandiri tersebut, pendapatan dari usaha mandiri dapat menjadikan kesejahteraan hidup asn akan tetap terjaga.

Mengamati Kondisi demikian maka dari itu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Bidang Diklat membuat pelatihan berkaitan dengan pembentukan usaha mandiri atau kewirausahaan bagi ASN yang akan memasuki masa purna bakti menjadi hal yang sangat penting. Diharapkan dengan pelatihan atau pembinaan kewirausahaan, ASN yang akan memasuki masa purna bakti, memiliki gambaran atau rencana yang harus dilakukan pada saat benar-benar  memasuki usia purna bakti, sehingga tetap dapat menjalankan  aktivitas  baru  dengan  bersemangat.

 

 

Arsip Berita BKPSDM