BERITA BKPSDM :: Selasa, 23-10-2018 311 Pengunjung

Pelatihan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)

Penyelenggaraan sebuah pemerintahan  memiliki kegiatan yang sangat kompleks , mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban, pengawasan hingga evaluasi. Maka untuk dapat mewujudkan tata kelola penyenggaraan pemerintah yang baik diperlukan  pengendalian kegiatan pemerintahan. Pengendalian kegiatan Pemerintahan secara intern adalah proses yang terintegrasi pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan  secara  terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pemerintah negara indonesia yang memandang sangat  pentingnya pengendalian kegiatan pemerintah kemudian membentuk  sistem yang dapat mengendalikan seluruh kegiatan penyelenggaraan pemerintahan yang disebut sistem pengendalian intern pemerintah atau sering disingkat dengan SPIP.

Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat melalui aparat Pengawasan Intern  Pemerintah. Menurut Peraturan  Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor 60 tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, yang dimaksud dengan Sistim Pengendalian Intern Pemerintah adalah Sistem Pengendalian  Intern yang  diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan Pemerintah Pusat dan  Pemerintah  Daerah.

Pemerintah Kota Tangerang, sebagai bagian dari Pemerintah  Negara Republik Indonesia, turut serta menerapkan sistem Pengendalian Intern Pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan pemerintahan yang dilaksanakan. tujuannya adalah agar pelaksanaan program-program Pemerintah Kota Tangerang dapat berjalan secara efektif dan efisien mewujudkan kesejahteraan rakyat.

 

Sebagai bentuk penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern  Pemerintah,  Pemerintah  Kota Tangerang,  berupaya meningkatkan wawasan dan pemahaman mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan teknis Pengendalian  Intern Pemerintah kepada aparatur yang  bertugas melaksanakan kegiatan Pengendalian Intern Pemerintah. Diharapkan  dengan pemahaman  yang  baik  dan  benar  mengenai tata pelaksanaan Pengendalian Intern  pemerintah,  dapat   terwujud  Pemerintahan  Kota Tangerang  yang baik, bersih  dan  berwibawa yang mampu secara efektif dan efisien melaksanakan pembangunan guna membentuk kesejahteraan rakyat.

 

Salah satu bentuk upaya Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang telah memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di lingkungan pemerintah Kota Tangerang yang akan sangat startegis mencetak pejabat pelaksana Sistim Pengendalian Intern Pemerintah Kota Tangerang yang professional, dalam membentuk pemahaman aparatur yang  bertugas  melaksanakan  Pengendalian Intern Pemerintah adalah dengan menyelenggarakan  pendidikan dan pelatihan Sistim Pengendalian Intern Pemerintah.  Melalui diklat ini, pejabat eselon III yang bertugas melaksanakan Pengendalian  Intern Pemerintah,  diberi wawasan  mengenai lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan  yang ada dalam pengendalian, informasi dan komunikasi dalam pengendalian intern serta  pemantauan pengendalian intern.  Diharapkan setelah mengikuti diklat ini,  para pejabat eselon III yang ada di lingkungan pemerintah Kota Tangerang, dapat  secara maksimal  melaksanakan kegiatan Pengendalian  Intern Pemerintahan  yang  menjadi tanggungjawabnya, sehingga dapat menjadi konstribusi  positif penyelenggaraan Pemerintahan  Kota Tangerang  yang  baik,  bersih dan  berwibawa  menuju terwujudnya pemerintah Kota Tangerang yang Good Governance dalam rangka mewujudkan kesejahteraan  rakyat Kota Tangerang.

 

Arsip Berita BKPSDM