BERITA BKPSDM :: Senin, 05-11-2018 70 Pengunjung

Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang

Salah satu bagian dari pelayanan kesehatan ibu dan anak adalah pelayanan dan pemeliharaan kesehatan ibu hamil dan persalinan yang sehat. untuk itu diperlukan pemeliharaan dan pelayanan kesehatan untuk menyiapkan seoptimal mungkin fisik dan mental ibu dan anak selama kehamilan, persalinan dan nifas sehingga didapatkan ibu dan anak yang sehat.

Persalinan seorang ibu yang ideal adalah  persalinan normal yang merupakan cara terbaik untuk melahirkan si buah hati ke dunia, dimana resiko dan efek yang dihasilkan sangat minim bahkan mungkin tidak ada. Persalinan normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan yang cukup bulan ( 37 – 42 minggu), yang lahir secara spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam waktu 18 jam tanpa komplikasi pada ibu maupun janinnya dan untuk menuju pada persalinan normal, seorang ibu membutuhan pengasuhan yang baik dari orang yang memahami kesehatan ibu dan anak. Pola pengasuhan ibu hamil menuju persalinan normal sering disebut Asuhan Persalinan Normal (APN).  Asuhan Persalinan Normal (APN) adalah asuhan yang bersih dan aman dari setiap tahapan persalinan yaitu mulai dari kala satu sampai dengan kala empat dan upaya pencegahan komplikasi terutama perdarahan pasca persalinan, hipotermi serta asfiksia pada bayi baru lahir.

Tujuan Asuhan Persalinan Normal adalah menjaga kelangsungan hidup dan memberikan derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayinya, melalui berbagai upaya terintegrasi dan lengkap dengan intervensi yang seminimal mungkin agar prinsip keamanan dan kualitas pelayanan tetap terjaga.

Mengingat pentingnya persalinan normal bagi kesehatan ibu dan anak, Pemerintah Kota Tangerang terus menerus melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan Asuhan Persalinan Normal dengan melengkapi sarana dan prasarana puskesmas yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang dan meningkatkan keterampilan para petugas Asuhan Persalinan Normal (APN). Salah satu pihak yang memiliki keahlian pengasuhan ibu selama kehamilan menuju persalinan  yang normal adalah para bidan, sehingga para bidan pulalah yang akan menjadi petugas pelaksana asuhan persalinan normal bagi para ibu hamil yang akan melahirkan. dengan demikian, menjadi penting bagi Pemerintah Kota Tangerang untuk melakukan upaya untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan para bidan dalam melakukan asuhan persalinan normal.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para bidan dalam melakukan asuhan persalinan normal di puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah kota tangerang, adalah dengan melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan. Pemerintah Kota Tangerang berharap, melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ini, wawasan dan keterampilan para bidan semakin meningkat dan akan terbentuk tenaga pelayan asuhan persalinan normal yang profesional dalam pelaksanaan tugasnya untuk membantu para ibu melakukan persalinan yang sehat dan normal.

Arsip Berita BKPSDM