BERITA BKPSDM :: Kamis, 08-11-2018 222 Pengunjung

60 Guru mengikuti Seleksi Calon Kepala Sekolah

Melalui peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah, perlunya penataan kembali sistem rekrutmen dan pembinaan karir Kepala Sekolah yang kredibel dan berkompeten. 

Berpedoman kepada ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tersebut diatas, Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melaksanakan seleksi calon kepala sekolah yang menerapkan prinsip-prinsip profesionalisme dalam proses pelaksanaannya. 

Bertempat di Aula Gedung Cisadane lantai 4 Jl. KS. Tubun Nomor 1 Kota Tangerang, seleksi calon kepala sekolah diselenggarakan mulai tanggal 5 sampai dengan 8 november 2018. Pelaksanaan seleksi tersebut bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo.

Seleksi calon kepala sekolah dilakukan secara transparan dan independen dan diikuti sebanyak 60 guru. 60 guru yang mengikuti seleksi calon kepala sekolah terdiri dari 30 guru Sekolah Dasar (SD) dan 30 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Calon Kepala Sekolah harus mengikuti beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi administratif, seleksi tertulis, dan wawancara. Hasil seleksi didasarkan pada penilaian dari LPPKS dimana hasilnya  akan disampaikan ke BKPSDM dan Dinas Pendidikan dan akan dibuatkan SK (Surat Keterangan) Kelulusan bagi yang lulus seleksi.

Setelah dinyatakan lulus seleksi, calon kepala sekolah diharuskan mengikuti diklat untuk dapat dinyatakan sebagai kepala sekolah. Namun, untuk penempatan menunggu formasi yang kosong, baru calon kepala sekolah tersebut dapat ditempatkan.

 

Arsip Berita BKPSDM