BERITA BKPSDM :: Selasa, 13-11-2018 303 Pengunjung

Diklat Keprotokolan dan Kehumasan Lanjutan di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang

Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan Pemerintahan  tidak dapat dilepaskan dari kegiatan keprotokolan. Kegiatan keprotokolan menjadi landasan bagi divisi humas instansi Pemerintah dalam melakukan kegiatan komunikasi yang erat kaitannya dengan relasi (hubungan kerja). Menjadi pemahaman bersama bahwa, hubungan kerja bagi penyelenggaraan Pemerintahan adalah hal yang sangat penting, karena hubungan kerja yang baik akan menunjang pelaksanaan program-program Pemerintah. Citra yang baik yang dibangun pada saat awal hubungan kerja melalui acara keprotokolan sangat berpengaruh pada pembentukan citra yang baik bagi Pemerintahan sehingga tumbuh kepercayaan dalam pelaksanaan kerjasama. Kondisi demikian menjadikan kegiatan protokol adalah hal penting bagi sebuah organisasi pemerintahan dalam kaitannya dengan kegiatan komunikasi, informasi dan relasi. Komunikasi merupakan upaya untuk menciptakan suatu kondisi yang dapat melancarkan tugas-tugas Pemerintahan. Dengan mengkomunikasikan informasi yang jelas dan transparan akan  tercipta hubungan yang baik Pemerintah dengan pihak sasaran komunikasi, dalam hal ini adalah kepada relasi kerja Pemerintah Daerah.

 

 

Dalam Instansi Pemerintah Daerah , kegiatan humas yang menjalankan kegiatan protokol berkaitan dengan kegiatan event di internal dan eksternal dibidang organisasi ataupun sosial. Pada kondisi  ini humas bekerja menyiapkan acara, dan seluruh komponen keberlangsungan acara agar mencapai tujuan membangun hubungan yang harmonis, dan citra positif dari semua publik yang datang.

 

Dengan demikian kesuksesan sebuah acara dilingkungan Pemerintah Daerah, tidak dapat dilepaskan dari peran dan tugas protokoler. Melalui para petugas protokoler, sebuah kegiatan diatur sedemikian rupa sehingga berjalan tertib dan teratur dimulai dari pengaturan tempat, pengaturan acara dan pengaturan penghormatan kepada pejabat yang mengikuti kegiatan. Idealnya di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, penyelenggaraan kegiatan keprotokolan yang ada di opd-opd, sudah sesuai dengan ketentuan keprotokolan. Namun yang terjadi di lapangan, kegiatan protokol ini masih belum maksimal sesuai peraturan dilihat dari kemampuan pegawai yang melaksanakan tugas keprotokolan dan terjadinya pemahaman yang tidak merata tentang teknis penyelenggaraan acara keprotokolan diantara opd-opd yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

 

Melihat sisi strategis protokoler dalam kegiatan di lingkungan pemerintahan  daerah, Pemerintah Kota Tangerang memandang perlu adanya peningkatan keterampilan mengenai keprotokoleran untuk membentuk petugas-petugas protokol yang terampil dalam mengelola dan menjalankan sebuah kegiatan keprotokolan di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

 

Pemerintah Kota Tangerang berharap, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang telah bekerja sama dengan Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa melalui kegiatan diklat  keprotokoleran dan Kehumasan lanjutan ini berharap mencetak  petugas protokoler profesional di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang . Kegiatan pendidikan dan pelatihan Protokol dan Kehumasan lanjutan ini, wawasan dan keterampilan  keprotokoleran Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang semakin diasah dan ditingkatkan, karena sebelumnya telah dilaksanakan diklat keprotokoleran dan kehumasan yang pertama sehingga akan muncul tenaga protokoler yang profesional dalam menjalankan tugasnya mengelola dan menjalankan acara-cara keprotokolan. Petugas protokoler yang profesional, akan memberi kontribusi besar dalam mensukseskan acara-acara yang diadakan di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Arsip Berita BKPSDM