BERITA BKPSDM :: Rabu, 21-11-2018 251 Pengunjung

Pelatihan Teknik Evaluasi Pengadaan bagi Tim POKJA ULP

Pengadaan barang / jasa merupakan kegiatan yang terkait erat dengan penggunaan anggaran negara dan oleh karenanya pelaksanaanya harus efektif dan efisien serta ekonomis sehingga dapat memberikan manfaat penggunaaan anggaran negara tersebut secara maksimal. hal ini disebabkan karena kegiatan pengadaan barang dan jasa sebagian besar dibiayai oleh keuangan negara, baik melalui APBN/APBD maupun non- APBN/APBD. untuk dipahami bersama bahwa 80% anggaran Belanja Pemerintah Kota Tangerang merupakan anggaran kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan barang / jasa Pemerintah.

Kondisi demikian memunculkan konsekuensi berupa tuntutan efektifitas dalam pengadaan barang/jasa termasuk dalam hal teknis pelaksanaan pengadaan barang jasa yang harus dapat dipertangungjawabkan , untuk itu kegiatan evaluasi pengadaan barang jasa menjadi sangat penting mengingat adanya potensi kerugian negara yang besar dalam proses pengadaan. Dengan adanya kegiatan evaluasi diharapkan dapat meminimalisir potensi kerugian pada saat proses pengadaan barang jasa. Seiring reformasi yang bergulir di indonesia, muncul harapan agar pengadaan barang/jasa Pemerintah yang dibiayai anggaran pendapatan dan belanja negara/anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBN/APBD) dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan efisien, dengan mengutamakan penerapan prinsip – prinsip persaingan usaha yang sehat, transparan, terbuka, dan berlaku adil bagi semua pihak. Salah satu upaya dalam mengawal dan mengawasi pelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemerintah yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, baik untuk proses pengadaannya maupun dalam rangka pelaksanaan monitoring dan evaluasi pengadaan barang/jasa Pemerintah. Seperti diketahui bersama dalam pelaksanaan pengadaan barang jasa , tidak semua pendaftar lelang akan menyerahkan dokumen penawaran, oleh karena itu diperlukan adanya evaluasi penawaran sehingga terpantau peserta yang memenuhi kelengkapan dan pesyaratan sehingga pelaksanaan pengadaan barang jasa dapat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengingat pentingnya evaluasi dalam proses pengadaan barang jasa, Pemerintah Kota Tangerang melalui semua opd yang ada di lingkungan pemerintah Kota Tangerang senantiasa melaksanakan kegiatan evaluasi pada proses pengadaan barang jasa. Untuk itu diperlukan kesamaan persepsi dan prosedur evaluasi kegiatan pengadaan barang jasa yang sesuai dengan standar pengadaan barang jasa yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. dengan kesamaan persepsi dan prosedur, akan tercipta proses pengadaan barang jasa yang terstandar Nasional di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang. Untuk dapat menyamakan persepsi dan prosedur evaluasi pengadaan barang jasa Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, diperlukan sosialisasi yang kontinyu  kepada petugas – petugas pengadaan barang jasa yang ada di kelompok kerja Unit Lelang Pengadaan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang agar pelaksanaan pengadaan barang jasa dapat sesuai ketentuan dan sesuai dengan kebaharuan perkembangan pengadaan barang jasa Pemerintah. Petugas pelaksana kegiatan evaluasi pengadaan barang jasa adalah pegawai yang ada dalam kelompok kerja unit kerja unit lelang pengadaan. Sebagai petugas evaluasi, sudah seharusnya petugas dalam kelompok kerja ini memiliki persepsi, wawasan dan keterampilan yang sama dalam hal evaluasi pengadaan barang jasa.

Memandang strategisnya posisi kelompok kerja unit lelang pengadan, Pemerintah Kota Tangerang memandang perlu diadakannya kegiatan yang dapat menyamakan persepsi, wawasan dan keterampilan evaluasi pengadaan, agar proses pengadaan barang jasa khususnya dalam hal evaluasi pengadaan barang jasa dapat dilakukan sesuai standar evaluasi pengadaan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Sebagai tindak lanjut upaya tersebut, Pemerintah Kota Tangerang dengan difasilitasi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyelenggarakan pelatihan teknik evaluasi pengadaan bagi tim Kelompok Kerja Unit Lelang Pengadaan (POKJA ULP) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Arsip Berita BKPSDM