BERITA BKPSDM :: Senin, 03-12-2018 149 Pengunjung

Diklat Teknis Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan Di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang

Seperti yang kita ketahui bersama, berdasarkan undang-undang nomor 43 tahun 1999 tentang perubahan atas undang-undang nomor 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian  telah disebutkan bahwa jabatan karier PNS terdiri dari Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional. Jabatan Fungsional digolongkan lagi menjadi  : Jabatan Fungsional Umum dan  Jabatan Fungsional tertentu.

Jabatan Fungsional merupakan kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang pegawai negeri sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. Sehingga pada hakikatnya, Jabatan Fungsional adalah pilihan karier seorang aparatur sipil negara yang sesuai dengan keinginan dan keterampilan yang dimiliki ASN.

Jabatan Fungsional Umum adalah suatu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang aparatur sipil negara dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keterampilan tertentu dan untuk kenaikan pangkatnya tidak diisyaratkan dengan angka kredit sedangkan Jabatan Fungsional tertentu adalah suatu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seseorang pegawai negeri sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu serta bersifat mandiri dan untuk kenaikan jabatan dan pangkatnya disyaratkan dengan angka kredit.

Kondisi yang saya sebutkan di atas menunjukkan pentingnya  angka  kredit  bagi  seorang  pemangku jabatan  fungsional  tertentu. angka kredit adalah  salah  satu hal yang penting bagi pemangku  Jabatan Fungsional atau calon pemangku Jabatan Fungsional,  sebagai penilaian kinerja  dan  untuk  persyaratan  kenaikan pangkat.  seorang asn  yang menduduki Jabatan fungsional tertentu harus memiliki penilaian angka kredit.

Angka  Kredit  adalah  satuan  nilai dari tiap butir kegiatan dan atau akumulasi nilai butir kegiatan yang  harus dicapai oleh pejabat fungsional yang digunakan  sebagai  salah satu syarat untuk pengangkatan  dan  Kenaikan Pangkat dalam Jabatan  Fungsional.

Diantara OPD yang ada  di  lingkungan  Pemerintah Kota Tangerang yang memiliki banyak ragam jabatan fungsional tertentu  salah satunya adalah dinas kesehatan, yang kurang lebih memiliki  28  jenis  Jabatan  Fungsional  tertentu.

Untuk menjadi pemahaman kita semua bahwa di  lingkungan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Tangerang  Angka Kredit Jabatan Fungsional dinilai oleh Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional  kesehatan  yang di bentuk berdasarkan surat keputusan  Walikota Tangerang.

Pemerintah  Kota  Tangerang sangat memperhatikan  pengembangan  karier  para  asn  di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, tidak terkecuali para ASN yang memangku Jabatan Fungsional tertentu di Lingkungan Dinas Kesehatan.

Oleh karenanya untuk keperluan pengembangan karier ASN Jabatan Fungsional tertentu di lingkungan  Dinas Kesehatan, dibutuhkan  Penilaian Angka Kredit yang tepat sasaran dan sesuai  dengan  ketentuan  peraturan  perundang-undangan yang  berlaku sehingga akan memberi rasa keadilan kepada ASN Jabatan Fungsional tertentu tersebut.

Memperhatikan  kondisi  demikian  maka  diperlukan penyamaan persepsi dan langkah tentang pola penilaian angka kredit yang ada di lingkungan dinas kesehatan . Selain itu diperlukan pula penguatan pengetahuan dan keterampilan teknik Penilaian Angka Kredit kepada tim Penilai Angka Kredit, agar  dapat terbentuk pola Penilaian Angkat Kredit Jabatan Fungsional Tertentu yang proporsional dan sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku serta dapat terbentuk profil Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Tertentu di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Tangerang yang professional dalam menjalankan tugasnya

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang telah bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan melaksanakan kegiatan diklat  teknis tim penilai angka kredit jabatan fungsional kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang yang akan sangat strategis membentuk tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Kesehatan yang profesional di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang .

Peserta diklat ini  diharapkan  dapat  dengan sungguh - sungguh mengikuti seluruh proses pembelajaran yang diberikan oleh para instruktur, nara sumber dan  pengajar,  sehingga  tujuan  yang  diharapkan  dari diklat ini dapat terwujud.                                                            

Arsip Berita BKPSDM