BERITA BKPSDM :: Selasa, 04-12-2018 439 Pengunjung

Sidang Kenaikan Pangkat Prestasi Kerja Luar Biasa, Pertama sejak Kota Tangerang Berdiri

Bertempat diruang rapat Kepala BKN Pusat Jakarta sebanyak 12 Pegawai ASN dari berbagai Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah mengikuti sidang Presentasi Kenaikan Pangkat Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya. Salah satunya yaitu Pegawai BKPSDM Kota Tangerang Dadan Mulyawardhana, S.Pi.

Dibangun sejak tahun 2007 dan dikembangkan kembali tahun 2013 hingga saat ini. SIKDA BKPSDM Kota Tangerang dibangun secara swadaya oleh Dadan Mulyawardhana selaku Programmer, Analis Sistem dan Konstruktor database serta GUI dan UX Designer, sedangkan untuk urusan database administrator, Tester/Debugger dan Korektor Bisnis proses dibantu oleh Agus Sukriawinata sebagai Pranata Komputer. Programmer dan layout Design dibantu oleh Taufiq hidayat sebagai Pranata Komputer. Pembangunan SIKDA tersebut menggunakan teknologi Opensource sehingga mudah digunakan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan tidak menggunakan anggaran biaya daerah.

Sejak Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengadakan Tangerang Smartcity Partnership pada tahun 2016 lalu, banyak Pemerintah Kabupaten/Kota yang melakukan adopsi atau replikasi SIKDA diantaranya Kota Palembang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Belitung Timur, Kabupaten Karimun, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Lombok Barat, Kota Tasikmalay, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tangerang dll, tentunya keberhasilan ini membuahkan hasil membawanya hingga kenaikan Pangkat Istimewa.

Dihadapan Kepala BKN Pusat, serta seluruh Deputi BKN dan Direktur Pengadaan dan Kepangkatan. Kepala Sub Bidang Data dan Informasi ASN BKPSDM Kota Tangerang mempresentasikan inovasinya mulai dari kilas balik SIKDA terbangun pada tahun 2007 hingga pengembangan Aplikasi SIKDA yang memasuki versi 5.0.

Peranan SIKDA dalam Penyelenggaraan eGoverment Kota Tangerang menjadi tulang punggung dari seluruh Aplikasi yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Tangerang, serta menjadikan referensi tunggal data kepegawaian melalui penyediaan web service yang membentuk ekosistem aplikasi online terintegrasi sehingga menjadi faktor utama perubahan layanan Kepegawaian tepat waktu secara papperless sesuai prinsip transparasi dan Akuntabilitas.

SIKDA dapat dikatakan SIMPEG terbaik se-Indonesia dikarenakan memiliki 5 keunggulan, yaitu : 
1. SIMPEG Berorientasi SAPK
2. SIMPEG Integratif
3. SIMPEG Terlengkap
4. SIMPEG Sederhana
5. SIMPEG Paling Aktif
 
Diakhir kegiatan sidang tersebut Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS menyampaikan, Proses Kenaikan Pangkat Luar Biasa bisa menunjukan pekerjaan dan ide pelaksanaan yang bermanfaat bagi indonesia, tak hanya para pejabat saja yang bisa diusulkan hal seperti itu, para pelaksana/staf golongan I dan II kami prioritaskan apabila memiliki karya yang bermanfaat.

Dengan adanya Kenaikan Pangkat Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya hal ini dapat memotivasi para pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Tangerang untuk terus berinovasi dan menunjukan prestasi kerja, dikarenakan sejak berdirinya Kota Tangerang baru Pertama Kali ada seorang Pegawai ASN yang diakui hasil inovasinya oleh Pemerintah Pusat. 

Dengan adanya berbagi pakai aplikasi yang telah dibangun oleh BKPSDM Kota Tangerang Pemerintah Kabupaten/Kota dipersilahkan apabila ingin mengadopsi atau replikasi, Hal ini sejalan dengan opini Walikota Tangerang bahwa " Tangerang untuk Indonesia ".(Prakom11)

Arsip Berita BKPSDM