BERITA BKPSDM :: Selasa, 11-12-2018 506 Pengunjung

Pelatihan Pengelolaan Gaji di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang

Persoalan gaji adalah persoalan yang tidak dapat dilepaskan dari seorang pegawai, karena kelancaran dan ketepatan gaji akan berimbas besar pada kinerja pegawai karena gaji adalah balas jasa atau penghargaan atas prestasi kerja yang harus dapat memenuhi kebutuhan hidup bersama keluarga pegawai  secara layak, sehingga si pegawai dapat memusatkan perhatian dan kegiatannya untuk melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya.

Bagi setiap birokrasi gaji merupakan biaya yang dikeluarkan sebagai timbal balik atas kontribusi pegawai dalam pencapaian tujuan birokrasi, demikian pula hanya dengan pegawai negeri yang telah menjalankan kewajibannya kemudian digaji oleh pemerintah. Gaji  tersebut diharapkan dapat menyejahterakan kehidupan dan memacu semangat kerja pegawai negeri. Undang-Undang Nomor 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian  telah menentukan bahwa  setiap pegawai negeri berhak memperoleh gaji yang adil dan layak sesuai dengan beban pekerjaan dan tanggung jawabnya (pasal 7 ayat 1 )  dan gaji yang diterima oleh pegawai negeri harus mampu memacu produktivitas dan jaminan kesejahteraan (pasal 7 ayat 2)

Besaran gaji pokok, tunjangan dan iuran wajib PNS telah tercantum dan diatur dalam undang-undang sebagai payung hukumnya. untuk saat ini, setiap bulan seorang pegawai negeri akan mendapatkan gaji pokok beserta tunjangan-tunjangan dari pemerintah, ditambah dengan kewajiban untuk membayar iuran bagi keperluan sendiri . Salah satu bentuk iuran yang harus dibayar oleh Pegawai Negeri Sipil setiap bulannya adalah iuran tabungan asuransi pensiun atau iuran taspen. 

Tabungan asuransi pensiun atau Taspen merupakan hal yang sangat lekat dengan kinerja Pegawai Negeri Sipil, dimana setiap bulannya si pegawai akan membayar iuran Taspen melalui pemotongan gaji yang dilakukan oleh petugas bendahara gaji.

Sudah menjadi pemahaman bersama bahwa dana yang digunakan untuk gaji PNS yang bekerja pada pemerintahan daerah berasal dari APBN dan APBD, tidak  terkecuali untuk PNS yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang. untuk itu diperlukan persepsi dan kesamaan tindakan dalam pelaksanaan pemberian gaji pegawai negeri sipil. agar pemberian  dan pemotongan gaji pns sesuai dengan ketentuan guna memberikan hak kepada Pegawai Negeri Sipil dan sekaligus menunaikan kewajiban PNS dalam hal pembayaran  iuran-iuran. Konsekuensi dari kondisi demikian adalah  diperlukannya pengelolaan gaji yang benar-benar tepat sehingga pengelolaan gaji dan penggunaan dana APBN dan APBD tidak menyimpang dari ketentuan.

Pengelolaan gaji pns di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang dilakukan oleh Bendahara Gaji. Dalam hal ini bendahara gaji di setiap bulannya harus melakukan pengajuan usulan gaji sampai dengan pencairan gaji para PNS yang ada dalam OPD tempat tugas.

Berkaitan dengan pemberian dan pemotongan gaji untuk iuran Taspen,  PT. Taspen  telah menyediakan aplikasi sim gaji guna memudahkan kinerja para bendahara gaji dalam melaksanakan pemberian dan pengelolaan gaji untuk keperluan pembayaran iuran taspen. melalui aplikasi ini, diharapkan akan tercipta kesamaan tindakan dalam pemotongan gaji pns untuk keperluan iuran taspen. Sebagai konsekuensinya  bendahara gaji harus memiliki keterampilan dalam penggunaan aplikasi sim penggajian tersebut. Oleh karena itu sosialisasi penggunaaan aplikasi  sim gaji menjadi hal yang sangat penting bagi Pemerintah Kota Tangerang.

Memandang strategisnya posisi tugas pengelolaan gaji dalam kaitannya dengan pemotongan gaji untuk iuran taspen, maka Pemerintah Kota Tangerang melalui BKPSDM,  memfasilitasi kegiatan penguatan keterampilan serta sosialisasi pengelolaan gaji dengan menggunakan aplikasi sim gaji melalui kegiatan pelatihan pengelolaan gaji bagi bendahara gaji yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang.

Pemerintah Kota Tangerang berharap, setelah mengikuti pelatihan pengelolaan gaji ini, para bendahara gaji yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang dapat lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya, dapat meminimalisir kekeliruan-kekeliruan dalam pemotongan gaji, memiliki motivasi dan semangat kerja yang tinggi serta mampu menggunakan aplikasi sim gaji dengan benar sehingga pengelolaan gaji yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang benar-benar dapat efisien, tepat sasaran dan tepat waktu.

Arsip Berita BKPSDM