BERITA BKPSDM :: Rabu, 10-04-2019 389 Pengunjung

Pengembangan Kompetensi Teknis Substantif ( Pelatihan Linux )

Dalam meningkatkan Kompetensi ilmu teknologi informasi, BKPSDM Kota Tangerang bekerjasama dengan Inixindo Bandung mengadakan pelatihan singkat Operating System Linux yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 09 s.d 12 April 2019 bertempat di Bandung.

Mengapa Linux dipilih dalam pelatihan tersebut, karena Linux adalah salah satu Operating System (OS), sama seperti Windows. Linux merupakan sistem operasi yang gratis (opensource), artinya linux dapat dilihat source codenya, dimodifikasi, dan dikembangkan oleh siapa saja, Aman dari virus dan mendukung banyak bahasa pemrogramman. Selain itu server yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Tangerang juga menggunakan Sistem operasi linux, dengan mempelajari dasar-dasar perintah linux diharapkan menambah ilmu pengetahuan pegawai tentang pengoperasian sistem tersebut.

Materi yang diajarkan oleh instruktur profesional meliput pengetahuan dasar tentang Linux Centos 7, diantaranya : 
1. Cara penginstallan operating system linux baik dengan virtual boot maupun penginstallan melalui server.
2. Pengenalan perintah-perintah dasar console dalam pengoperasian.
3. Bagaimana cara membuat database dengan sistem operasi linux.
4. Setting parameter dan hak akses user pada sistem operasi linux.

Untuk menjadi mahir dalam mengoperasikan sistem operasi linux membutuhkan waktu yang cukup lama dan berkelanjutan, diharapkan dengan pelatihan kursus singkat ini para peserta training mendapatkan bekal awal, karena diperlukan 3 (tiga) tahapan untuk mendapatkan sertifikasi internasional yaitu : Pelatihan Dasar Linux (Basic Operating System Linux), Linux Fundamental dan Sertifikasi (Linux Exam Fundamental).

...
Kirim
Arsip Berita BKPSDM