BERITA BKPSDM Rabu, 15-01-2020 | 438 Pengunjung

SOSIALISASI PELAYANAN PUBLIK BAGI APARATUR KEWILAYAHAN ANGKATAN I, KECAMATAN JATIUWUNG, 15 S.D. 16 JANUARI 2020


Kejadian Bencana Banjir yang baru saja dialami oleh beberapa Masyarakat Kota Tangerang (1 Januari 2020) merupakan bencana banjir yang terbesar selama kurang lebih 2 Dasawarsa terakhir. Beberapa tempat atau kawasan yang biasanya tidak terjadi genangan air pun pada saat awal tahun kemarin menjadi tergenang, seperti Kawasan Babakan, Kawasan Pendidikan Cikokol, Kawasan Jl. TMP Taruna, dll. Terlebih lagi pada titik-titik kawasan yang memang sudah “langganan” terkena banjir (Ciledug Indah 1 dan 2, Wisma Tajur, Komplek DDN, Pedurenan, Pinang Giya, Perum Pondok Arum, dan Total Persada). Bahkan daerah yang tidak biasa banjir seperti Bugel Mas Indah dan Cluster Odysa 2 terkena imbas dari curah hujan yang cukup tinggi.

Kondisi ini membutuhkan penanganan yang professional, selain juga tetap terus mengupayakan solusi teknis dan adaptif terhadap bencana banjir. Salah satu upaya yang dapat dioptimalkan dalam mengantisipasi bencana khususnya bencana banjir di Kota Tangerang adalah dengan terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari para aparatur birokratnya. Kemampuan teknis terhadap penanganan tanggap darurat bencana di lapangan merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap personel aparatur pemerintahan, khususnya aparatur yang memang daerahnya memiliki titik-titik rawan banjir.

Dalam Manajemen Kebencanan adanya fase kebencanaan, yaitu Pertama, adalah fase Mitigasi Bencana (Pra Bencana), Fase Tanggap Darurat (emergency respond), dan Fase Pasca Bencana (Rehabilitasi dan Rekonstruksi). Masing-masing fase ini membutuhkan penanganan yang professional dan terencana. Tujuannya adalah dapat meningkatkan kesiapsiagaan seluruh komponen masyarakat dan juga aparatur pemerintah dalam upaya meminimalisasi korban jiwa dan juga meminimalisasi kerugian harta benda. Selain juga mampu melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat terutama pada titik-titik pusat pelayanan masyarakat dan sarana-prasarana sosial lainnya.  

Untuk itu BKPSDM Kota Tangerang, melakukan kerjasama dengan BASARNAS (Badan Search And Rescue Nasional) Jakarta. BASARNAS Jakarta ini memiliki kompetensi dalam hal Pencarian dan Pertolongan Korban Bencana serta Kompetensi dalam Manajemen Posko Pengendalian Bencana. BASARNAS Jakarta memiliki coverage wilayah penanganan bencana di Provinsi DKI, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. BKPSDM Kota Tangerang bekerjasama dengan BASARNAS mengadakan Sosialisasi Pelayanan Publik Bagi Aparatur Kewilayahan Angkatan I

Kegiatan sosialisasi ini terdiri dari Ceramah umum, Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi, Drill, Simulasi, Aplikasi yang berlansung selama 2 hari di Kecamatan Jatiuwung, 15 S.D. 16 Januari 2020 bertempat di Aula Kecamatan Jatiuwung sebanyak 80 orang peserta yang terdiri dari Camat, Lurah dan Kasi Kemasyarakatan yang berasal dari Kecamatan Jatiuwung, Kecamatan Periuk, Kecamatan Cibodas, Kecamatan Karawaci secara swakelola.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah meningkatkan kapasitas dan sinergitas aparatur kewilayahan dalam mengantisipasi tanggap darurat bencana alam dan melayani masyarakat yang membutuhkan

Arsip Berita BKPSDM