BERITA BKPSDM Jum'at, 04-09-2020 | 49 Pengunjung

BKPSDM Selenggarakan Program Ketahanan Pangan dan Gizi Hadapi Pandemi


Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menyelenggarakan program ketahanan pangan dan gizi. Program ini merupakan upaya Pemerintah Kota Tangerang untuk tetap menjaga ketersediaan pangan masyarakat dalam menghadapi wabah covid-19 mengakibatkan lesunya ekonomi dan jual beli masyarakat.

Menurut Kabid Diklat BKPSDM Kota Tangerang Huda Setiawan, pihaknya sebagai penyelenggara dan leading sektor bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) mempersiapkan kader Aaparatur Sipil Negara (ASN) dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dilatih dan diberikan pembekalan tata cara beecocok tanam.

Kader ASN yang terdiri dari tiga orang yang memang memiliki pengalaman dan hobi bercocok tanam ini kemudian melakukan pembelajaran melalui seminar online atau webinar, yang baru-baru ini diselenggarakan.     

“Pertama kita melatih 3 orang per-SKPD, Kemudian 3 orang yg di SKPD itu akan melatih temen teman nya yg lain di SKPD masing masing, sehingga semuanya akan paham tentang kegamiatan tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, kader ketahanan pangan dan gizi diharapkan memiliki kemampuan untuk menggerakan potensi diri melakukan sosialisasi dan pendampingan kewilayahan secara langsung kepada masyarakat.

Sementara itu DKP Kota Tangerang juga sudah mempersiapkan bantuan kepada masyarakat diantaranya pemberian bibit ikan, pemberian benih tanaman, pemberian benih sayuran mayur serta alat-alat penunjang dalam bercocok tanam. Masyarakat kemudian akan bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan pekarangan menjadi lahan produktif dengan
pola pertanian perkotaan terpadu.

“Pemerintah Kota Tangerang sedang menyiapkan bantuan untuk program ketahanan pangan dan gizi ini yang dalam waktu dekat akan terealisasi,” ujarnya.

Menurut Huda, hasil dari bercocok tanam itu sepenuhnya akan dimanfaatkan oleh masyarakat. “Jadi ketika nanti panen, seeperti panen buah, cabai dan sayur sepenuhnya dimanfaatkan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu membeli kebutuhan dapur lagi dan ini akan menghemat banyak pengeluaran masyarakat yang sedang kesusahan,” ujarnya.

Huda menegaskan bahwa program ini sifatnya berkelanjutan dan alan terus dilaksanakan hingga tahun-tahun berikutnya. (adv)

Sumber Asli: https://beritatangerang.id/bkpsdm-selenggarakan-program-ketahanan-pangan-dan-gizi-hadapi-pandemi/                     

Arsip Berita BKPSDM