\

Kunjungan BKPSDM Kabupaten Tegal untuk Studi Komparasi Penilaian Kompetensi dan Penerapan Manajemen Talenta di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang

Dalam rangka melaksanakan amanat dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi PNS, BKPSDM Kabupaten Tegal melakukan study komparatif mengenai penyelenggaraan Penilaian Kompetensi ASN dan Penerapan Manajemen Talenta di Pemerintah Kota Tangerang.


Muhdorun, AP selaku Sekretaris BKPSDM Kota Tangerang menerima langsung kunjungan dari BKPSDM Kabupaten Tegal Rabu, 16 Maret 2022. Lebih jauh, dilakukan pembahasan mengenai pedoman dan kebijakan yang mendasari penerapan Manajemen Talenta ASN dan penyelenggaraan penilaian kompetensi di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, sistem informatika yang digunakan dalam penerapan manajemen talenta dan penilaian kompetensi ASN, pemanfaatan hasil penilaian kompetensi terhadap penyelenggaraan manajemen karir PNS, dan optimalisasi peran dan fungsi jabatan fungsional Assessor SDM Aparatur, serta hal lain yang terkait dengan penyelenggaraan penilaian kompetensi dan penerapan manajemen talenta di Pemerintah Kota Tangerang.   


Metode pengelolaan Manajemen talenta yang dikembangkan oleh BKPSDM Kota Tangerang sudah mendapatkan kategori “Sangat Baik” dalam Penilaian Penerapan Sistem Merit. Begitu pula dengan Unit Penyelenggara Penilaian Kompetensi Kota Tangerang yang sudah diakui dan mendapatkan Akreditasi “A” untuk penilaian kelayakan kelembagaan Penilaian Kompetensi.

Dalam pertemuan ini, juga dilakukan penjelasan dan simulasi langsung aplikasi SPION (Sistem Penilaian Individu Online) yang dikembangkan oleh BKPSDM Kota Tangerang.


Sharing is caring. Berbagi itu indah. Melalui pembahasan ini diharapkan BKPSDM Kota Tangerang dapat memberikan ilmu dan pengetahuan bagi BKPSDM Kabupaten Tegal. Ke depannya diharapkan terjalin silaturahmi dan sinergi untuk mewujudkan ASN yang makin profesional.