\

Memperluas Layanan kepada Masyarakat, BKPSDM Kota Tangerang Menyelenggarakan Penelusuran Minat Bakat Siswa Sekolah Menengah Pertama

Lingkup tugas dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Tangerang secara khusus menyasar pada ranah kepegawaian. BKPSDM Kota Tangerang senantiasa berusaha untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi sesuai lingkup tugasnya. Seperti pada kegiatan untuk memeriahkan ulang tahun Kota Tangerang pada tahun-tahun sebelumnya, BKPSDM Kota Tangerang berusaha membuat inovasi layanan dan program terkait kepegawaian. Memanfaatkan momentum ulang tahun Kota Tangerang ke-30 tahun ini, BKPSDM Kota Tangerang secara khusus memberikan layanan yang tidak menyasar pegawai atau sumber daya manusia aparatur saja, namun ke ranah lain yaitu ranah pendidikan.

Layanan kepada ranah pendidikan ini dilakukan dalam bentuk penelusuran minat dan bakat siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan gambaran kondisi siswa guna membantu siswa untuk memahami minatnya, mempermudah merealisasikan arah peminatan, dan memahami gaya belajar yang dimiliki agar peserta didik dapat mengembangkan potensi. Untuk kegiatan ini, siswa yang dipilih adalah siswa kelas tiga sekolah menengah pertama karena merupakan masa transisi ke jenjang pendidikan lebih tinggi dan mulai melakukan pemilihan peminatan. 



Penelusuran minat dan bakat dilakukan menggunakan CAT (computer assisted test) meliputi serangkaian tes yang mengungkap potensi minat, bakat, dan gaya belajar. Kegiatan penelusuran dilakukan pada enak sekolah dari enam kecamatan Kota Tangerang yang terdiri dari SMP Negeri dan SMP swasta. Jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah 1.036 siswa.



Laporan penelusuran minat dan bakat menjelaskan gambaran secara  umum dan olahan data dari masing-masing siswa. Laporan diserahkan oleh Wali Kota Tangerang kepada perwakilan sekolah bertepatan jelang puncak perayaan ulang tahun Kota Tangerang. Dampak yang diharapkan dari penelusuran minat dan bakat yang telah dilakukan BKPSDM Kota Tangerang, selain dapat membantu siswa untuk memahami dirinya juga mensuport guru kelas, guru BK, konselor, dan tenaga pendidik lainnya untuk memberikan pengarahan atau rekomendasi kepada siswa.

Para guru, siswa, dan seluruh anggota sekolah pun merasakan antusiasme kemeriahan HUT Kota Tangerang ke-30. Dirgahayu Kota Tangerang. Tangerang untuk Indonesia