\

Program Inovasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Tangerang dalam Menyemarakkan HUT Kota Tangerang ke-29

Dalam perjalanan Kota Tangerang hingga mencapai usia 29 tahun pada 28 Februari 2022 ini, BKPSDM berpartisipasi dalam melahirkan inovasi-inovasi yang diharapkan dapat mendukung tercapainya visi misi Kota Tangerang. Berikut inovasi-inovasi dari BKPSDM Kota Tangerang:

 

1. Learning Management System (LMS) Prima

Adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.


LMS Prima adalah program learning management system yang profesional, religius, inovatif, melayani dan akuntabel  yang dibuat dari kerjasama BKPSDM dan Dinas Kominfo Kota Tangerang.

Keuntungan mempergunakan LMS Prima adalah fleksibel, sebagai alternatif media pembelajaran online sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, mendukung media pembelajaran yang inovatif dan mendorong ASN untuk belajar mandiri.

 

Melalui LMS Prima, ASN Kota Tangerang yang berjumlah 7.674 orang diharapkan akan mendapatkan pengembangan kompetensi minimal 20 JP per tahun.


2. Program Pengimbasan Alumni Diklat Guru

Program yang mempergunakan mekanisme pola pengimbasan dimana 180 orang guru yang telah didiklatkan oleh BKPSDM Kota Tangerang wajib memberikan pengetahuan dan kemampuannya kepada rekan sejawat  di lingkungan sekolah ataupun sekolah terdekat secara terstruktur dengan mempergunakan media learning management sistem (LMS Prima). Satu orang guru melakukan pengimbasan kepada 3 (tiga) orang guru sehingga jumlah guru yang dapat menerima pengetahuan dan kemampuan alumni diklat guru menjadi 540 orang.




Peraih Penghargaan dalam Program Pengimbasan


3. Sistem Penilaian Individu Online (SPION)

Sistem penilaian potensi dan kompetensi berbasis aplikasi dan dapat dilakukan secara online yang bermanfaat untuk melakukan proses penilaian dengan cepat, jumlah peserta lebih banyak, dapat dikerjakan dimanapun dan mempercepat untuk memperoleh data penilaian potensi dan kompetensi. Sistem ini juga menjawab tantangan selama masa pandemik. Selama menggunakan sistem ini, jumlah peserta yang sudah dilakukan penilaian sebanyak 300 pegawai pertahun dimana setelah diterapkannya aplikasi SPION  menjadi 683.




4. Pemilihan PNS Keren Jasa

Pemihan PNS Keren Jasa adalah Pemilihan PNS terbaik  di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang untuk mencari  pegawai profesional kota Tangerang yang kencerminkan core values ASN Berakhlak dalam sikap, perilaku dan kinerja  yang dapat menjadi contoh teladan dan penggerak pegawai lain di Kota Tangerang untuk profesional dalam bekerja sehingga secara bertahap akan terbentuk budaya kerja ASN Kota Tangerang yang mencerminkan core values ASN Berakhlak. Pemilihan Pegawai Terbaik menggunakan brand 'Keren Jasa" sebagai interpretasi Kompeten-Empatik-Religiun-Energik-Nasionalis.

 

Pemilihan PNS Keren jasa memiliki 3 kategori Pemilihan yakni:  (1) Pegawai dengan Layanan Terbaik. (2) Inovatif (3) Dedikasi Terbaik dari 2 kelompok pilihan yakni kelompok Sekretaris-kepala Bidanh-Sub Koordunator dan kelompok Pegawai Pelaksana.